DIABETES

Diabetes atau kencing manis atau diabetes mellitus merupakan kelainan system insulin karena berlebihnya kadar glukosa di dalam darah. Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Meskipun keduanya masih berhubungan dengan gula darah berlebih, ada perbedaan mendasar yang patut di ketahui, mulai dari penyebab, gejala dan cara pencegahan.

Diabetes tipe 2 lebih banyak di derita oleh orang dewasa dengan awalan usia 35 tahun ke atas. Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak melulu kepada orang tua , tetapi anak muda usia 25 bahkan 20 tahunan ke ataspun sudah banyak menderita.

GEJALA PENYAKIT DIABETES MELLITUS

Mengenali gejala diabetes tipe 1 pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejala sering di salah artikan sebagai penyakit flu. Selain itu gejala yang timbul terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Anak dengan diabetes tipe 1 biasanya memiliki gejala awal sebagai berikut:

  1. Sering buang air kecil : Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar.

  2. Sering haus dan banyak minum: Karena banyak cairan yang di keluarkan, anak menjadi gampang haus.

  3. Berat badan menurun: Tubuh tidak lagi bias memproses glukosa untuk energy dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energy bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetap berat badannya sulit naik.

  4. Mudah lelah: Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energy

GEJALA-GEJALA DIABETES TAHAP LANJUT

Diabetes tipe 1 umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja meskipun pada dasarnya dapat terjadi pada usia berapapun. Diabetes tipe 2 yang merupakan tipe yang paling umum dapat terjadi pada usia berapapun dan sering dapat di cegah. Diabetes tipe 2 biasanya memiliki gejala awal sebagai berikut:

  1. Berat badan turun dengan cepat : Pankreas mulai rusak, dimana fungsi pancreas adalah memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energy. Karena kegagalan fungsi pancreas maka terjadilah resistensi insulin.

  2. Sering kesemutan: Gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung-ujung sarafpun berkurang.

  3. Luka yang sulit sembuh: Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka . Gabungan gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri maka luka yang kecil dapat membesar.

Gejala diabetes pada wanita:

  1. Infeksi vagina yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang , meskipun telah mendapatkan pengobatan.

  2. Wanita yang mempunyai penyakit diabetes lebih mudah terkena infeksi jamur di daerah organ intim karena daerah tersebut mengalami kelembaban cukup tinggi.

  3. Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar.

  4. Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome keseimbangan hormone terganggu yang akan mengganggu system reproduksi.

  5. Pemicu diabetes juga, biasanya di temukan pada wanita yang mengalami depresi.

  6. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi di banding pria.

Faktor resiko diabetes tipe 2:

  1. Lemak: Semakin banyak lemak pada jaringan tubuh anda, semakin tinggi pula resistensinya rehadap insulin.

  2. Perilaku Pasif: perilaku pasif akan membuat lemak dalam tubuh tidak terbakar.

  3. Faktor keturunan

  4. Usia

  5. Gestational diabetes pada kehamilan

  6. Polycystic ovary syndrome: ditandai dengan periode menstruasi tidak teratur dan obesitas.

Kondisi lain yang terkait diabetes antara lain:

  1. Tekanan darah tinggi ( Hipertensi )

  2. Kolesterol tinggi.


 


 

Pencegahan penyakit diabetes

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Akan tetapi diabetes tipe 2 dapat di cegah dengan menerapkan pola hidup sehat:

  1. Makan makanan sehat dengan rendah kalori dan lemak

  2. Sering melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga

  3. Menjaga berat badan agar selalu ideal.

 

OTHER ARTICLES
Penyakit gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh,
news
Tuberkulosis ( TBC atau TB ) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat
news
1
2
3